Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang
Hijabers » Parenting » Keakraban yang Hangat
Keakraban yang Hangat
Di manakah tempat seperti itu bagi Anda? Apakah berada di tengah alam membuat Anda merasa mempunyai hubungan yang kuat atau apakah itu Anda rasakan saat berada di balik selimut di tempat tidur Anda yang hangat?
Kamis, 24/11/2011 00:00 WIB
Keakraban yang Hangat

Menurut pengarang Georgia Heard kata Spanyol querencia menggambarkan suatu tempat yang di tempat itu seseorang merasa aman, yang dari tempat itu orang men­dapatkan kekuatan karakternya, tempat orang merasa nyaman.

Di manakah tempat seperti itu bagi Anda? Apakah berada di tengah alam membuat Anda merasa mempunyai hubungan yang kuat atau apakah itu Anda rasakan saat berada di balik  selimut di tempat tidur Anda yang hangat? Mungkin itu adalah rumah kanak-kanak Anda, dan Anda merasakan querencia ketika Anda pulang untuk mengunjungi orangtua Anda yang sudah tua. Barangkali, seperti teman saya, Anda merasa paling nyaman jika berada di tengah kehangatan-berbaring di atas batu yang terpapar sinar matahari atau bekerja di depan jendela yang disinari cahaya matahari.

Apakah querencia anak Anda? Kemana dia akan pergi kalau mengantuk, mengalami hari buruk, ingin sendirian? Apakah anak Anda lebih sering berada di luar dan ber­sembunyi di rumah-pohonnya atau apakah dia menempel di samping Anda di kursi dapur yang besar?

Tidakkah Anda menyadari bahwa tingkat kenyamanan Anda juga dipengaruhi oleh apa yang Anda pakai? Kita semua membutuhkan pakaian yang dapat menenangkan kita di tempat yang aman dan nyaman. Sepasang celana dari bahan wol dengan pinggang elastik yang longgar dan blus lebar terasa enak bagi saya. Saya juga senang mengenakan sweter rajutan yang lembut berwarna hijau yang dibuat Nenek  untuk  ibu saya lebih dari tiga puluh tahun yang lalu. Mengenakannya terasa seperti dipeluk dengan hangat. Kardigan katun berwarna krem selalu melingkar di pinggang putri saya selama tiga bulan pertamanya di sekolah-setiap hari. Querencia-nya?

Bukalah kesadaran Anda pada querencia dan hubungkan diri Anda dengannya jika Anda membutuhkan keakraban yang hangat. Ketika Anda merasa kacau dan kelelahan, Anda bisa melepaskan sepatu kerja Anda dan mencari sandal butut. Saat anak Anda yang berusia dua belas tahun tampak murung, bimbinglah dia ke tempat tidur gantung tempat Anda pernah melihatnya memeras air matanya sambil berayun-ayun dari waktu ke waktu. Dan ketika Anda harus meninggalkan bayi Anda, kenakanlah piyamanya yang paling lembut dan tinggalkan dia dengan kemeja Anda untuk dipakainya bermain- baunya persis seperti Anda.

 

Disadur dari buku SQ untuk Ibu, Penulis: Mimi Doe, Penerbit KAIFA







comments powered by Disqus
Teh Ninih
connect with abatasa