Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang
Hijabers » Parenting » Agar Sikecil Rajin Sholat
Agar Sikecil Rajin Sholat
Shalat merupakan amalan yang pertama kali akan diminta pertanggungjawabannya di akhirat. Pantas apabila Rasullullah SAW memerintahkan kepada para orang tua untuk mendidik putra- putrinya agar mau melaksanakan shalat sejak sed
Selasa, 28/05/2013 06:03 WIB
Agar Sikecil Rajin Sholat

Shalat merupakan amalan yang pertama kali akan diminta pertanggungjawabannya di akhirat. Pantas apabila Rasullullah SAW memerintahkan kepada para orang tua untuk mendidik putra- putrinya agar mau melaksanakan shalat sejak sedini mungkin. Lalu muncullah pertanyaan kapan seorang anak mulai diajarkan sholat?

Dalam sebuah hadits diceritakan ketika seseorang bertanya kepada Rasulullah mengenai kapan waktu untuk mulai mengajak anak untuk mengadakan ibadah shalat. Nabi menjawab, "Jika ia sudah dapat membedakan tangan kanan dan tangan kirinya." Pada anak kemampuan membedakan tangan kanan dan tangan kiri diperolehnya pada masa balita, atau masa lima tahun pertama usianya, ketika ia sedang senang-senangnya meniru apapun yang dilakukan ayah dan ibunya.

Berikut beberapa tips agar si kecil rajin sholat
  1. Teladan yang baik dari orang tua. Anak- anak pada tahap awal belajar dari melihat dan mencontoh apa yang ada di sekelilingnya. Demikian pula halnya dengan sholat, sebagai orang tua, kita harus menjadi contoh dalam melakukan ibadah sho- lat ini dengan baik, disiplin dan tepat waktu.
  2. Biasakan melakukan sholat berjamaah sesering mungkin, terutama bila ayah dan bunda sedang bersama ananda. Ajak si kecil untuk menjadi makmum. Ajarkan mulai dari cara mensucikan diri atau berwudhu. Lalu gerakan sholat yang benar. Pada tahap awal, untuk batita, bila ia sudah ingin belajar biarkan saja ia sekedar mencontoh dulu gerakan sholat semampu yang ia bisa. Perlahan usianya mulai kita koreksi gerakan yang kurang benar.
  3. Manfaatkan waktu setelah sholat sebagi momen special yang menyenangkan. Misalnya untuk saling berbagi cerita dan berdoa. Tanamkan pada anak bahwa walaupun sholat itu adalah kewajiban setiap muslim, tapi yang lebih penting adalah sebenarnya kitalah sebagai makhluk yang membutuhkan sholat agar dapat berkomunikasi dan bersyukur atas semua nikmat yang dianugerahkan kepada kita.
  4. Ajarkan sholat dengan penuh kesabaran dan suka cita. Jangan pernah bosan untuk mengingatkan anak melakukan sholat.
  5. Doakan ananda supaya menjadi anak yang sholeh dan ahli ibadah
  6. Hadiahkan kepada si kecil perangkat sholat yang menarik. Misalnya mukena yang cantik yang bisa dipakai kembaran dengan bunda. Atau berbagai sarung dan sajadah yang memiliki warna serta motif menarik yang disukai ananda.

 

Semoga Allah memberikan kesabaran dalam mendidik anak kita dan menjadikan mereka anak- anak yang sholeh. Aamiin....

Dikutip dari Majalah Paras

 







comments powered by Disqus
Teh Ninih
connect with abatasa