Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang
Hijabers » Tips » Merawat Panci dan Wajan Antilengket
Merawat Panci dan Wajan Antilengket
Panci dan wajan antilengket membuat pekerjaan masak-memasak menjadi lebih mudah. Di samping itu, juga menghemat waktu dalam mencuci dan membersihkannya. Dengan segala keunggulan yang dimiliki, penting juga untuk menjaga .....
Senin, 14/01/2013 01:40 WIB
Merawat Panci dan Wajan Antilengket

Panci dan wajan antilengket membuat pekerjaan masak-memasak menjadi lebih mudah. Di samping itu, juga menghemat waktu dalam mencuci dan membersihkannya. Dengan segala keunggulan yang dimiliki, penting juga untuk menjaga panci dan wajan antilengket agar tetap awet dan dapat digunakan untuk waktu yang lama. Berikut adalah tip merawat panci antilengket.

Apabila terdapat kerak hitam pada dasar panci atau wajan antilengket, masak air yang telah diberi sitrun dan rendam panci atau wajan tersebut. Setelah itu, cuci dengan sabun seperti biasa untuk mengeluarkan kerak hitam sehingga alat masak akan kembali bersih.

 

Jangan menjadikan panci menjadi alas pemotong daging, sayuran, atau bahan lainnya karena akan mengakibatkan goresan di permukaan. Gunakan peralatan dari karet atau spatula silikon untuk mengambil makanan dari panci atau wajan supaya tidak menimbulkan goresan.

 

Jangan menyiram wajan dalam keadaan sangat panas langsung.
Sehabis dipakai, sebaiknya biarkan wajan benar-benar dingin sebelum dicelupkan ke air untuk dicuci.

Jangan memasak terlalu panas. Panas yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan lapisan antilengket meleleh atau melepuh sehingga membuat wajan atau panci menjadi rusak. Untuk penggorengan, agar terhindar dari goresan saat menyimpan, letakkan kain cempal di antara wajan atau penggorengan saat ditumpuk di lemari.


Penggunaan detergen yang berlebihan akan membuat wajan antilengket cepat rusak. Gunakan sedikit saja, dan cepat bilas dengan air, lalu keringkan. Pilih detergen cairatau krim karena bahannya lembut dan tidak akan menggores permukaan wajan. Baca aturan pakai wajan antilengket dengan teliti. Setiap merek punya aturan pemakaian yang berbeda.







comments powered by Disqus
Teh Ninih
connect with abatasa